Mengenal Objek Wisata Sungai Merah di Cusco Peru

Penulis: Reza Perdana

Mengenal Objek Wisata Sungai Merah di Cusco Peru

Sungai merah di Cusco, Peru (YouTube)

Selasa, 12 November 2019 | 17:16

Analisadaily – Selama ini kita mengetahui bahwa air pada dasarnya transparan. Tapi, bagaimana jika air sungai berwarna merah? Sungai di Cusco, Peru, secara mengejutkan memiliki air berwarna merah. Kedengarannya sulit dipercaya, namun ini kenyataan.

Seperti apa sungai merah di Cusco?

Dilansir dari Times Travel, Selasa (12/11), banyak yang beranggapan air sungai berwarna merah terbentuk dari berbagai hal, bahkan hal-hal yang menyeramkan dan berdarah di sini. Tetapi, air sunga berwarna merah karena endapan mineral yang ada di berbagai lapisan tanah liat yang terbentuk akibat erosi tanah.

Sungai berwarna merah secara khusus karena adanya oksida besi yang berasal dari daerah pegunungan. Karena hasil akhir adalah air hujan, yang disebut sungai merah hanya dapat dilihat selama musim hujan. Selama sisa tahun ini, aliran air tetap lambat dan warna air tetap berwarna cokelat berlumpur.

Di mana sungai merah di Cusco?

Sungai merah terletak sekitar 3 jam di tenggara Kota Cusco. Air berasal dari lembah Gunung Pelangi Palcoyo. Lembah gunung ini bersama dengan Gunung Pelangi Vinicunca yang terkenal membuat sebagian dari jajaran gunung Cordillera Vilcanota, yang merupakan bagian dari pegunungan Andes.

Tips untuk melihat sungai merah

Idealnya, wisatawan mengambil pemberhentian dalam perjalanan di dekat Gunung Pelangi Palcoyo, untuk melihat sungai merah. Biasanya, wisatawan dari Cusco melakukan wisata sehari ke bagian pedesaan ini.

Jika mereka ingin melakukan perjalanan lebih jauh, mereka dapat melakukannya untuk memeriksa jembatan tali Inca Q'swachaka, Gunung Pelangi Vinicunca dan reruntuhan Waqrapukara.

Waktu terbaik untuk berkunjung

Sungai merah di Cusco musiman. Oleh karena itu, waktu terbaik mengunjungi situs ini selama musim hujan, mulai dari Mei hingga November. Sangat tepat untuk merencanakan perjalanan sekitar waktu ketika permukaan air masih tinggi.

Barang yang perlu dibawa

Palcoyo terletak di dataran tinggi. Wajib membawa pakaian hangat untuk menghadapi cuaca dingin. Jejak melalui Palcoyo juga bisa berlumpur, yang berarti pengunjung juga harus membawa sepasang sepatu hiking.

Tentunya, bawa obat untuk menyembuhkan penyakit yang sering muncul di daerah ketinggian.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar